Skip to main content

Tote bag tutorial

Resminya ini adalah project ke-4, kalau kainnya sih udah beli sekitar seminggu yang lalu, kemudian teronggok di kamar belakang karena belum dapet wangsit :P

first dy totebag
Pas malem minggu gitu si Arief ngajak jalan-jalan buat nebus jalan-jalan paginya karena dia ketiduran jadi gak nganterin jalan-jalan keliling kompleks seperti biasanya. Nah saya pilih rute malioboro aja yang rada nyaman kayaknya kalo malem-malem mumpung titik 0km lagi di renov jadi kendaraan gak terlalu banyak. Sampe depan malioboro mall saya inget pingin nyari kain kanvas buat bahan tas, jadi langsung nunjuk ke Liman yang ada di seberangnya. Di lantai 2 emang surganya kain-kain *o* pilih-pilih lamaaa ... kok gak dilayan-layanin, sampe arief kelar ke KM pun saya masih dicuekin, ternyata harus pake nomer antrian toh -_- Berhubung minimal beli 1m jadi saya beli satu motif aja deh, biar gak boros-boros (kekep dompet) dengan harga 45rb/meter. pembeli yang lain pada mborong banyak-banyak banget ... sampe heran mereka mau dipake apa sih?
Tutorialnya saya dapet dari blog craftalova di situ detail banget step by stepnya jadi jelas banget buat diikuti, dan lumayan mudah eksekusinya. Mungkin lain kali saya mau coba tutorialnya yang bikin dompet. Dan gegara blog itu juga yang menggiring saya ke sebuah grup namanya Craftalova Fabric Club. Isinya mulai dari bagi-bagi resep crafting, curhatan, sampe persediaan bahan-bahan fabric crafting, lengkaaaaap kap kap.
kain-kain yang sudah dipotong
Udah ah ... lanjut ke proses mbuatnya. Kainnya sudah saya potong sejak beberapa malem sebelumnya. Dan dari tutorial di blog itu sedikit saya modifikasi modelnya karena saya pingin tas yang strapnya panjang jadi keliatan kokoh (keliatan doang :P) ukurannya saya ikutin sama seperti di tutorial, hanya bagian luar saya tambah dan bagi 2 juga buat motif polos putihnya (sebenernya ini kain kanvas yang sama cuman saya balik doang sisi polosnya di luar biar hemat, hahaha) *kreatif itu gak harus mahal sis ...

proses menyatukan bagian per bagian

Saya mengganti jarum jahit dengan jarum singer no 18 karena bahan kanvas ini lebih tebal dari bahan-bahan katun standar biasanya. Saya jahit dengan hati-hati karena baru tahap uji coba ini mesin portable kuat gak buat bahan agak tebal gini. Ditemenin Arief yang leyeh-leyeh disamping sambil mainan ipad dan komen-komen gak pentingnya "kok njaitnya bagian situnya? kok njaitnya pelan-pelan? dll" saya mulai menyatukan bahan-bahan. mulai dari njait tali ke kain exteriornya, trus menyatukan dengan motif putih polosnya. Baru ke bagian kain interiornya yang saya pakai kain katun kotak-kotak hitam sisa jaitan celana pendeknya arief kemarin.
kemudian menyatukan sisi exterior dan interior, tapi jangan lupa sebelumnya pasang kancing magnet dulu, atau kalau mau resleting juga bisa (tapi ini lebih ribet) kancing magnet ini gampang banget pasangnya, tinggal dipasin di tengah trus sobek dikit dengan pisau pendedel kaitkan plat bagian dalemnya dan kunci lakukan untuk sisi satunya, dan selesai.

sudah jadi
Seperti tutorial lunch bag saya sebelumnya saya jahit dari bagian dalem semua untuk kemudian dibalik dengan menyisakan sedikit bolong di bagian kain interior. Setelah dibalik dan dirapikan kemudian tutup bolong tersebut dengan jahitan rapi.

Bagian dalem
Bagian dalemnya kembaran sama celana pendeknya arief yang saya bikin sebelumnya, hahahah :D

Nah .... selesai kan. Ini cuman butuh waktu sekitar satu jam untuk jahitnya saja, mungkin kalau dengan proses gunting-gunting, gak sampe 2 jam juga. Fresh from my Sewing Machine langsung pajang di path, IG, dan fb kemudian saya banjir pujian ahahahaa ... *lack of attention Silahkan dicoba

_XOXO_

Comments

Popular posts from this blog

Review : MUA Khadijah Azzahra

Akhirnya ... postingan tentang review MUA Khadijah Azzahra keluar sudah. Awalnya udah ogah-ogahan ngedit draft yang satu ini. Iya pernikahan saya sudah 4 bulan yang lalu sodara, udah gak HOT lagi hahaha ... Tapi demi misi ke Barat (membantu para capeng yang kebingungan cari MUA di hari istimewanya) maka saya bongkar-bongkar lagi foto di hape lama untuk review ini cuss ...

Review : Lo han Kuo Infusion

Apa itu Lo Han Kuo?? apanya ikan lohan?? oke ini garing ... byee ... Jadi Lo Han Kuo itu salah satu jenis buah yang tumbuh di daratan Tiongkok sana, dan konon kaya dengan manfaat. Lo Han Kuo disebut juga dengan nama "Monk Fruit" atau buah biksu mungkin karena sifatnya yang mendinginkan, meredakan dan banyak manfaat itu tadi. Beberapa manfaat dari lo han kuo yang terkenal adalah sebagai : obat batuk, panas dalam, meningkatkan imun tubuh.

Kehamilan ke-dua : Mengunjungi Rumah Bidan Rina di Malang

Di minggu ke-24 kemarin saya mengambil cuti untuk mudik ke Malang bersama Seruni, sekalian untuk mencari alternatif tempat persalinan karena saya berencana untuk lahiran di Malang saja yang dekat dengan orang tua, agar Seruni ada yang menjaga saat nanti waktunya tiba. Berkunjung ke Rumah Bidan Rina Setelah pencarian singkat melalui mesin perambah kami mendapati seorang bidan yang support Gentle Birth di kota malang namanya Bidan Rina .